Capacity Building

Oleh Ade S
Tujuan utama dalam pelaksanaan capacity building adalah memberikan penyegaran serta mengingatkan kembali pada  teori dan konsep yang harus digunakan dalam menghadapi tantangan global ke depan setelah selesai kuliah juga merupakan pembekalan kemampuan individu pada mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan selain yang ada di bangku kuliah.

Upaya merubah  pola pikir dan pola tindak yang sesuai dengan koridor teori dan konsep ilmu pada pekerjaan  merupakan  tolak ukur dalam  penanganan permasalahan pekerjaan yang sudah dilakukan  oleh mahasiswa pada saat nanti bekerja. Hal ini dilatari pemikiran bahwa pembekalan kegiatan capacity building mutlak diperlukan mahasiswa STIE PGRI.

Dalam pelaksanaan capacity building wajib menghadirkan seorang nara sumber yang merupakan qualified baik dari kalangan dosen atau praktisi di bidangnya“ kegiatan Kapacity Building diharapkan dapat  mempersiapkan mahasiswa menjadi pekerja yang professional dalam melakukan intervensi sesuai dengan nilai-nilai pekerjaan.

Semester akhir adalah sasara yang tepat sebagi abjek kegiatan capacity building sesuai dengan bidang dan jurusan yang ditempuh dan LPPM sudah seharusnya bisa meramu materi yang tepat yang harus diberikan pada mahasiswa dalam capacity building.

Seminar, pelatihan atau lainnya dalam pengembangan Kapasitas Internal Sumber Daya Manusia mahasiswa STIE PGRI merupakan Designing Effective Training Programme. Nara sumber harus berhasil membawakan acara dengan sangat interaktif supaya menarik dan peserta lebih focus pada materi sehingga penyelenggaraan capacity building dapat mencapai sasaran secara optimal. (a)(s)


Tidak ada komentar: